• Cantik versi Islam



                Kecantikan sendiri di kalangan remaja muslimah saat ini sering dikaitkan dengan sosok yang langsing, kulit putih, rambut hitam lurus, dan mempunyai face yang manis. Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kecantikan adalah sesuatu yang indah, elok, rupawan, atau bentuk & rupa yang tampak serasi. Lain lagi dengan Miss Universe yang memandang kesempurnaan dari motto brain, beauty, behavior yang mengaitkan sosok perempuan yang memiliki wajah high, anggun, pintar, berwibawa. So, dimana tempat perempuan yang mempunyai berat tubuh diatas normal, berkulit hitam, rambut seperti mie, dan mempunyai face asin? nah, kalo begitu anggapan kalian kudu harus dilurusin. Seharusnya kita sadar bahwa remaja muslimah harus menutup aurat! Bukan malah mengumbar aurat mempertontonkan keindahan tubuhnya yang harusnya tidak dipertontonkan. J-A-D-I seperti apa cantik sesungguhnya menurut islam? Lihat aja dibawah ini:

    Cantik = Shalihah
                Kalo kamu muslimah rajin beribadah dan taat pada Allah maka wajahmu akan bersinar cerah bak bulan purnama dan lampu neon karena besarnya energi kebaikan yang terpancar dari raut wajahmu, yang bersumber dari air wudhu yang selalu membasuh wajah dan anggota tubuhmu. Apalagi ditambah dengan perilaku yang santun, tutur kata yang lembut, senyum yang manis dan ekspresi wajah yang cerah. Dari jarak jauh aja kalo kamu itu berpredikat perempuan yang shalilah pasti bikin aku silau!

    Cantik = Cerdas
                Gak asik kalo penampilan kamu oke, pemahaman agamanya mantap tapi kalo ngobrol gak nyambung. Yup, cerdas disini bukan berarti perempuan harus punya banyak piala & riwayat hidup yang bagus. Cerdas disini berarti kamu bisa mengenali dirimu, menggali & mengembangkan potensi dirimu untuk keluarga dan umat, apapun bidangnya. Empat hal yang penting menjadi kemampuan dasar muslimah yaitu pubic speaking, menulis dan penguasaan teknologi, interpersonal skill, minimal yang dasar-dasarnya lah! Makin keren lagi kalo semua itu ditambah dengan keberhasilan kamu dalam mengelola rumah tangga dan mendidik anak dalam keluarga. Excellent!

    Cantik = BeRaS
                BeRaS disini singkatan dari Besih, Rapi, dan Sehat. Dalam islam; bersih, rapi dan sehat sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap muslim & muslimah tanpa terkecuali. Selain itu, yang penting juga sesuai kebutuhkan alias secukupnya aja penerapan dari BeRaS tadi. Maksudnya gimana? Yah, yang namanya bersih berarti mandi minimal dua kali sehari, ganti baju, cuci muka, gosok gigi, bersih-bersih kamar dan ruangan di seluruh rumah, dst. Kalo bajunya selalu bersih, gak perlu sering-sering beli baju baru kan?. Rapi misalnya bajunya gak lecek, motifnya gak tabrakan, sesuai aturan pakaian muslimah, punya jadwal tugas dan acara, barang-barang ada di tempatnya masing-masing, dll. Sehat, misalnya makan & minum yang sehat (soda, junk food, the, kopi, gorengan sesekali aja, jangan keseringan), berolahraga ringan tiap hari, bersyukur dan bersabar, pemaaf, puasa sunnah, dsb.

                Nah, kalau pake kreteria cantik yang diatas Insya Allah kamu akan punya penerimaan diri yang baik karena kata Allah barang siapa yang bersyukur pasti akan ditambah nikmatNya. Oiya, tentunya juga dengan tetap menyesuaikan dengan karakter diri kamu supaya semua proses menjadi cantik tadi bisa berjalan maksimal dan optimal. Setelah itu, kamu boleh kok dengan lantang dan riang bilang “Aku cantik” dan kalau aku ketemu kamu, pasti akan ku panggil dengan sapaan “Cantik”. (Maulina, M.O.L)

0 komentar:

Posting Komentar